4 Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Cepat Populer

infosultra.id – Bagi anda yang memanfaatkan Instagram sebagai media marketing, maka anda harus mengetahui strategi marketing Instagram untuk bisnis agar bisnis semakin populer dan banyak dikenal serta menghasilkan penjualan yang banyak.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Instagram merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di tanah air bahkan dunia. Dengan dukungan berbagai fitur dan banyaknya konten yang menarik di Instagram, tidak heran apabila banyak orang rela menghabiskan waktunya seharian hanya untuk bermain Instagram. Bahkan banyak orang yang tidak bisa memulai hari tanpa membuka akun Instagram terlebih dahulu.

Selain digunakan untuk kebutuhan pribadi untuk bersosial bersama teman, keluarga, pasangan dan follower, Instagram juga terbukti efektif sebagai media marketing yang jitu dan menjadi salah satu platform marketing online yang banyak digunakan bisnis sebagai ajang promosi mulai dari bisnis kecil hingga bisnis raksasa. Hal tersebut tidak terlepas dengan jutaan pengguna aktif Instagram yang memastikan jangkauan marketing di Instagram akan lebih mudah menjangkau banyak orang yang relevan tanpa harus terbatas lokasi. Dengan demikian, marketing pun bisa menargetkan banyak orang secara nasional maupun global.

Namun bagi anda pemula baru memulai menggunakan Instagram sebagai alat marketing bisnis, maka anda harus mengetahui strategi marketing di Instagram agar marketing anda bisa berjalan efektif dan membawa hasil sesuai dengan rencana yang anda inginkan serta meraih target yang ingin anda capai.

Baca Juga :   Cara Report Akun Instagram dengan Mudah

Untuk itu, kali ini kami akan membagikan 4 strategi marketing Instagram untuk bisnis yang bisa anda simak sebagai berikut.

Strategi Marketing Instagram

Strategi Marketing Instagram

Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Hal pertama sebagai langkah strategi marketing awal di Instagram adalah memanfaatkan berbagai fitur bisnis di Instagram dengan cara menggunakan akun bisnis. Sekedar informasi, dalam akun bisnis tersedia beberapa fitur yang tidak ada di akun pribadi, salah satunya fitur insight yang sangat penting untuk menganalisa perkembangan konten bisnis di Instagram. Maka dari itu, yang pertama untuk anda lakukan adalah mengubah akun pribadi ke akun bisnis.

Optimasi Profil Akun Bisnis

Setelah anda memiliki akun Instagram bisnis, maka langkah selanjutnya adalah dimana anda harus melalukan optimasi profil akun bisnis mengingat profil ini akan menjadi beranda bisnis anda nantinya untuk para follower atau calon costumer mencari informasi lebih lanjut mengenai bisnis anda. Berikut beberapa tips mengoptimasi akun bisnis.

Pilih Username yang singkat dan mudah diingat

Anda bisa menggunakan username yang sama dengan nama brand produk anda. Adapun tujuannnya agar orang-orang dapat dengan mudah mencari dan mengetik nama bisnis anda ketika ingin mencari akun bisnis atau nama produk anda. Sebagai tips, gunakan username yang singkat dan mudah diingat agar bisnis atau produk anda mudah ditemukan dan diingat.

Menggunakan Foto Profil Brand Bisnis atau Produk

Foto profil merupakan salah satu poin penting untuk membangun brand awarness. Foto profil juga menjadi hal pertama yang orang lihat saat mengunjungi akun bisnis anda, maka dari itu, dalam akun bisnis baiknya anda menggunakan foto brand perusahaan atau yang menggambarkan bisnis anda.

Menulis Bio yang Informatif

Jumlah karakter terbatas pada bio instagram yang hanya bisa diisi maksimal 150 karakter harus bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, anda harus menulis informasi tentang akun atau produk anda secara singkat dengann tujuan agar pengunjung profil bisnis anda bisa mengetahui informasi bisnis anda dengan jelas.

Anda bisa menulis ajakan atau Call to Action di akhir bio yang menunjuk ke link yang anda masukkan di bagian website. Atau apabila anda memiliki banyak link bisnis, maka anda bisnis menggunakan layanan penggabungan link seperti linktree untuk menggabungkan semua link bisnis anda menjadi satu link saja, sehingga akan membuat bio anda terlihat padat dan informatif.

Gunakan Fitur-Fitur Instagram

Apabila anda telah selesai mengoptimasi akun bisnis anda, maka selanjutnya adalah membuat konten marketing untuk promosi yang menarik dimana bisa membuat pengguna Instagram menjadi follower akun bisnis menjadi tertarik dan membeli produk anda. Sebagai catatan bahwa pastikan konten yang anda buat harus sesuai dengan target pasar anda.

Apabila anda telah memiliki konten bisnis maka anda bisa memanfaatkan fitur-fitur instagram seperti feed, Instagram stories, live, dan Instagram tv untuk menjangkau pengguna Instagram. Begini penjelasan dari fitur-fitur di Instagram yang bisa anda gunakan untuk mengupload konten marketing anda.

Instagram Stories

Konten yang anda posting di Instagram stories akan bertahan selama 24 jam. Banyak pengguna Instagram yang tertarik membeli produk karena melihatnya di Instagram stories. Konten-konten di fitur ini juga bisa untuk mendekatkan hubungan anda dengan followers.

Konten seperti voting, Question and Answer, swipe up, dan beberapa fitur lainnya di Instagram stories disukai banyak orang. Jadi tidak harus selalu hanya tentang promosi produk, sesekali anda bisa membuat konten edukasi atau hiburan untuk menciptakan interaksi yang masih berhubungan dengan bisnis anda.

Feed Instagram

Feed merupakan tempat poto dan video yang anda posting dan akan terus ada selama anda tidak menghapusnya. Adapun feed digunakan untuk konten foto yang akan disimpan dalam jangka waktu yang lama dan video yang berdurasi satu menit atau kurang. Di feed ini anda bisa memakai caption yang cukup panjang.

Dengan feed Instagram, anda bisa membuat konten promosi, edukasi untuk konten selingan, dan berbagai konten yang menarik. Di akhir caption gunakan hastag yang sesuai dengan konten yang anda posting atau sesuai dengan bisnis anda dengan tujuan agar postingan anda menjangkau orang yang tepat yang sesuai dengan target pasar anda.

Instagram Story Highlights

Selanjutnya adalah memanfaatkan fitur story highlight, dimana fitur ini memanfaatkan Instagram stories yang sudah hilang setelah 24 jam tetapi jadi permanen di fitur highlights. Bentuk lingkaran-lingkaran yang ada di bawah bio yang bisa anda temukan di bisnis lain, itulah yang disebut dengan highlights.

Fitur ini bisa untuk mengabadikan story terbaik atau terpenting yang harus diketahui oleh followers baru. Pada akun bisnis, biasanya bukti-bukti testimoni dari pelanggan sering disimpan menjadi highlights. Dengan begitu orang-orang yang ingin memesan produk ada bisa lebih percaya karena sudah melihat testimoni konsumen sebelumnya.

Selain itu, ada juga yang menggunakannya untuk tutorial pemesanan, mengikuti kontes, mendapatkan promo, dan tutorial lainnya. Agar lebih rapih dan estetik, anda juga bisa membuat cover untuk setiap bulatan hightlights yang anda buat sehingga akan membuat kesan akun bisnis yang semakin profersional.

Melakukan Interaksi dengan Audiens

Untuk meningkatkan engagement akun bisnis anda, maka sebaiknya anda bisa melakukan interaksi dengan followers atau pengguna lainnya. Adapun interaksi tersebut bisa berupa membalas komentar dari audiens, menjawab pertanyaan di konten Q&A di Instagram stories, maupun membalas pesan direct message. Adapun salah satu faktor yang berpengaruh pada hasil engagement yakni jumlah komentar atau interaksi.

Strategi marketing Instagram ini pun akan membangun brand awareness dan memperlihatkan keramah-tamahan anda terhadap audiens yang memiliki minat dengan bisnis anda. Dengan demikian, orang-orang pun merasa nyaman untuk berkomentar apabila melihat anda menanggapi komentar-komentar sebelumnya.

Apabila terdapat komentar yang terlalu banyak, anda bisa hanya membalas komentar beberapa saja yang menurut anda penting untuk dibalas, seperti komentar pujian, saran, atau pertanyaan tentang produk anda agar tetap berkesan anda responsif terhadap kostumer anda.

Demikian informasi mengenai strategi marketing Instagram untuk bisnis yang bisa menjadi menjadi referensi anda memanfaatkan Instagram sebagai media marketing yang efektif dan sukses.