infosultra.id – Mengetahui strategi instagram marketing berarti anda siap menggunakan Instagram dengan maksimal untuk mengembangkan bisnis anda dengan tepat dan efisien yang mana akan menghemat biaya, waktu serta bisa mencapai tujuan dan target yang diinginkan.
Seperti yang kita ketahui bersama, instagram tidak hanya sekedar sebagai sosial media untuk terhubung dengan teman, keluarga, atau follower tetapi instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai platform marketing yang handal mengingat instagram adalah salah satu sosial media terbesar di tanah air hingga dunia dengan jutaan pengguna aktif. Maka dari itu, tidak heran apabila instagram menjadi alat marketing yang bisa diandalkan untuk mengembangkan bisnis baik itu mempopulerkan brand atau merek, hingga mencari konversi atau penjualan barang.
Sebagai bahan pertimbangan mengapa anda harus memaksimalkan instagram untuk marketing bisnis anda adalah dimana Instagram memiliki lebih dari 800 juta di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, aplikasi yang populer untuk berbagi foto dan video ini tercatat memiliki 88,22 juta pengguna terhitung Mei 2021. Dengan data tersebut maka anda tidak perlu kuatir untuk membuang waktu, tenaga, dan dana untuk memaksimalkan instagram marketing.
Lalu bagaimana strategi instagram marketing yang harus anda ketahui? Tenang, sebab seperti bisa kami akan membagikan tips mengenai instagram yang mana kali ini kamu akan memberikan tips dan strategi marketing instagram yang benar dan tepat yang bisa menjadi referensi anda dalam mengembangkan bisnis anda menggunakan platform instagram.
Strategi Instagram Marketing
Mencari Calon Kustomer yang Potensial
Strategi instagram marketing yang pertama adalah dengan mencari calon konsumen yang menyukai jenis produk bisnis anda dan kemungkinan besar akan tertarik menggunakan atau membeli produk bisnis anda. Adapun caranya dimana anda cukup membuka akun kompetitor atau hashtag yang berhubungan dengan produk anda. Kemudian, anda bisa memfollow akun dari akun kompetitor dan hashtag tersebut.
Namun sebagai catatan, lakukan cara ini dengan cara rutin dan bertahap. Anda mencoba langkah ini setiap hari dengan batasan jumlah, contohnya setiap hari hanya 20 orang agar akun anda tidak terkena banned atau terkunci karena terindikasi spamming.
Membuat Guidelines Profil Instagram
Selanjutnya adalah membuat guidelines yang merupakan kerangka yang akan gunakan sebagai acuan dalam setiap marketing bisnis anda. Salah satu guidelines yang bisa anda buat adalah dengan membuat feeds dan halaman muka bisnis anda terlihat estetis dimana anda bisa menyeragamkan warna di setiap foto dan video yang anda upload, latar belakang untuk setiap foto, jenis produk yang ditawarkan, serta menggunakan template di setiap konten dan grid untuk merapikan tampilan feeds anda.
Selain itu pastikan anda juga memperhatikan elemen lain seperti gaya bahasa ketika anda berinteraksi dengan audiens, template instastory, atau cara anda mempromosikan produk yang lebih bersahabat sehingga audiens pun akan merasakan kedekatan dengan anda.
Membuat Konten yang Berkualitas
Konten is the king. Istilah tersebut cocok menjadi pegangan anda dalam membuat konten yang menjadi unsur utama dalam instagram marketing. Selain harus berkualitas, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat konten instagram marketing.
Membuat konten untuk feeds
Perlu anda ketahui bawah konten untuk feed tidak harus selalu berbentuk foto produk, tapi bisa juga slideshow tentang pengetahuan dari produk ataupun infografis.
Memperingati hari-hari yang penting
Anda bisa membuat konten khusus untuk memperingati hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, kemerdekaan, dan sebagainya yang bertujuan untuk mempengaruhi minat konsumen terhadap penawaran yang anda tawarkan khusus pada hari tersebut.
Membuat kampanye
Anda dapat menampilkan video singkat tentang inspirasi dalam membuat produk terbaru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, atau hal lainnya dimana anda bisa berkreasi lebih.
Caption foto berupa artikel atau storytelling
Pada akhir caption, anda bisa membuat tulisan yang “menggoda” pengguna untuk menggunakan atau membeli produk bisnis anda.
Rutin Berkomunikasi dengan Followers
Untuk membangun koneksi yang kuat dengan follower bisnis, maka tidak ada salahnya apabila anda rutin membuka jalur komunikasi dengan follower anda dimana anda bisa rutin membalas setiap komentar, membuat giveaway, atau membuat tanya jawab.
Memakai Banyak Hashtag
Hastag dengan simbol populer # terbukti dapat berperan membantu anda menjangkau pengguna instagram lebih luas jadi jangan ragu untuk menggunakan hastag yang relevan pada setiap konten anda. Semakin banyak hastag yang anda gunakan maka akan berpotensi meningkatkan engagement konten anda.
Memanfaatkan Fitur yang Tersedia
Untuk memaksimalkan instagram marketing, maka anda bisa menggunakan fitur-fitur instagram yang bisa membantu mempromosikan bisnis anda seperti fitur insight yang memungkinkan anda untuk melihat berapa banyak akun yang mengunjungi profil anda, menyukai postingan anda, hingga yang berinteraksi dengan anda.
Selain fitur insight, berikut beberapa fitur yang bisa anda manfaatkan sebagai berikut.
Instastory
Berfungsi untuk membuat interaksi dengan followers, seperti kuis, polling, dan mini content.
Highlight
Bermanfaat untuk mempermudah audiens melihat informasi bisnis dengan lebih detail.
Direct purchase
Memungkinkan konsumen untuk membeli produk langsung melalui feeds dan terhubung dengan platform lainnya, seperti website atau Facebook.
Instagram ads
Anda bisa membuat iklan di Instagram, baik berupa story, feeds, atau lainnya.
Mengunggah Konten di Waktu Tertentu
Perlu anda ketahui bahwa instagram memiliki waktu yang efektif dan dapat membantu anda menjangkau pelanggan lebih banyak karena terdapat jam-jam efektif dimana pengguna Instagram cenderung aktif. Adapun jam-jam efektif yakni pukul 7-9 malam di hari Rabu dan Kamis atau jam makan siang juga dipercaya dapat berpengaruh pada banyak pengguna yang mengakses Instagram.
Bekerja Sama dengan Influencer
Seperti yang kita ketahui bersama, influencer adalah orang yang sudah memiliki kepopuleran dan dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Untuk mengembangkan bisnis anda, maka tidak ada salahnya jika anda bekerja sama dengan influencer yang relevan dengan jenis bisnis anda yang berguna untuk mengembangkan bisnis anda dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Sebagai contoh, apabila anda memiliki bisnis yang bergerak dibidang kuliner maka sebaiknya anda menggaet influencer yang memiliki konten seputar makanan sehingga jangkauan follower influencer sesuai dengan bisnis anda dan berpotensi menghasilkan konversi selain brand awareness.
Demikian informasi mengenai strategi instagram marketing yang semoga berguna dan bermanfaat bagi anda serta bisa menjadi sumber referensi anda dalam mengembangkan bisnis anda dengan menggunakan platform sosial media seperti Instagram.