Kenali Instagram Metrics Untuk Mengukur Performa Akun Instagram

infosultra.id – Bagi anda yang ingin mengukur performa dan kinerja akun Instagram anda, maka anda harus mengenali instagram metrics untuk membantu anda meningkatkan performa akun instagram dengan efektif.

Seperti yang kita ketahui bersama, instagram memiliki dua versi akun Instagram yang berbeda yakni akun personal dan akun bisnis Instagram. Memang kedua jenis versi akun IG ini hampir sama dalam urusan tampilan, cara penggunaan dan lainnya. Tetapi yang membedakan adalah dimana sesuai dengan namanya, Instagram bisnis diperuntukkan bagi pengguna yang ingin membangun bisnis secara lebih mudah dengan fitur-fitur bisnis dari Instagram untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan bisnis secara digital.

Adapun salah satu fitur yang sangat bermanfaat dan hanya bisa diakses oleh pengguna bisnis adalah instagram metrics yang menampilkan data berupa performa konten instagram selama jangka waktu tertentu dimana data-data didalam pastinya bukan sekedar data sembarangan melainkan data tersebut berguna untuk menjadi acuan para pemilik instagram apakah konten instagram disukai oleh pengguna instagram atau perlu dilakukan perubahan yang lebih baik.

Baca Juga :   Begini Cara Membuat Reels di Instagram dengan Lirik Terbaru 2023

Maka dari itu, agar anda bisa mengelola instagram bisnis anda secara maksimal untuk pengembangan bisnis atau personal branding, maka anda tentunya wajin mengetahui mengenai instagram mectrics. Berikut beberapa hal yang harus anda pahami dan kenali mengenai Instagram metrik yang bisa anda simak dibawah ini.

Instagram Metrics Untuk Mengukur Performa Akun Instagram

Instagram Metrics Untuk Mengukur Performa Akun Instagram

Reach

Reach atau penyebaran adalah seberapa “jauh” konten anda menjangkau pengguna Isntagram lainnya. Perlu anda ketahui bahwa setelah anda membagikan konten promosi atau informasi bisnis di Instagram, maka selajutnya adalah tugas instagram adalah menyebarkannya ke pengikut yang dimiliki.

Tidak hanya itu, konten anda juga akan disebarkan ke pengguna instagram lainnya yang memiliki minat dan topik yang sama dengan konten yang anda bahas dimana penyebaran ini bisa melalui kata kunci yang digunakan di caption atau instagram hashtag yang disematkan di konten instagram.

Semakin luas penyebaran konten instagram anda maka memungkinkan bagi anda untuk menjangkau target konsumen baru yang menyukai konten yang anda unggah. Data penyebaran konten instagram sendiri bisa anda lihat saat melakukan klik pada konten instagram yang telah anda unggah sebelumnya.

Namun, untuk mengukur kinerja konten instagram dalam jangka waktu tertentu maka anda bisa menggunakan fitur reach yang ada di instagram metrics. Fitur satu ini merupakan metrics penting yang perlu anda perhatikan di Instagram, mengingat anda bisa melihat jumlah akun instagram yang telah melihat konten instagram yang telah diunggah serta menghitung kesadaran pengguna pada konten anda.

Apabila anda menemukan reach atau tingkat jangkuan konten anda rendah, maka data tersebut bisa menjadi evaluasi anda dalam menyiapkan konten anda selanjutnya. Dan sebaliknya, apabila reach konten anda tinggi, anda bisa mencoba menerapkan standar yang anda rasa cukup memuaskan untuk konten anda selanjutnya.

Engagement Rate

Tingkat interaksi atau engagament rate yang tinggi merupakan salah satu indikasi sebuah konten menarik untuk pengguna lainnya. Perlu anda ketahui bahwa Engagement rate sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis kategori yang bisa anda simak sebagai berikut.

Engagement Rate by Followers

Pada saat metrik engagement umumnya hanya menghitung jumlah likes atau komentar yang anda dapatkan, maka engagement rate by followers ini menghitung presentase dari pengguna instagram yang melakukan interaksi dengan konten instagram yang telah anda unggah sebelumnya.

Engagement rate by followers sendiri juga membantu instagram metrics untuk menganalisa keterlibatan pengikut instagram anda pada setiap konten yang diunggah di halaman profil instagram, sehingga anda dapat mengevaluasi kinerja anda secara akurat sama halnya dengan jumlah jangkauan konten instagram.

Engagement Rate by Reach

Instagram metrics selanjutnya yang biasanya dilibatkan untuk mengukur interaksi di social media adalah jumlah engagement rate by reach. Untuk engagement rate by reach ini anda akan menghitung jumlah likes dan komentar setiap postingan social media, kemudian dibagi ke dalam jumlah jangkauan yang dimiliki.

Hasil yang di dapatkan akan membantu anda untuk mengetahui jumlah orang yang melihat konten instagram anda dan melakukan interaksi di dalamnya. Sehingga dapat membantu untuk mengetahui jumlah orang yang peduli pada konten instagram yang anda unggah secara rutin. Hal ini akan membantu anda untuk mengetahui sejauh mana konten instagram anda menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Instagram Stories View

Seperti yang kita ketahui bersama, konten yang disediakan oleh instagram story hanya bertahan selama 24 jam, namun fitur ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu menaikkan interaksi dengan pengikut instagram yang dimiliki. Maka dari itu tidak heran apabila para konten kreator berlomba-lomba untuk membuat konten yang menarik di Instagram story.

Antusiasme yang tinggi juga membuat konten instagram story sebagai media pengiklan yang efektif bagi marketer untuk mempromosikan produk atau acara yang akan diadakan di waktu yang akan datang. Anda pun dapat memanfaatkan Instagram metrics memiliki fitur instagram story views yang memperlihatkan informasi mengenai jumlah pengikut yang melihat konten story yang disajikan selama jangka waktu tertentu.

Keuntungan lainnya dari menggunakan instagram metrics untuk story adalah anda bisa melihat kinerja masing-masing konten yang diunggah. Sehingga anda bisa melihat jenis konten instagram story yang disukai oleh pengikut anda dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Watch Through Rate

Anda bisa mengetahui jumlah pengikut instagram yang melihat konten anda sampai akhir melalui instagram metrics watch through rate dimana anda bisa melihat antusiasme pengikut anda pada konten instagram story yang anda unggah.

Akan tetapi, jika banyak pengikut anda yang berhenti pada slide tertentu maka anda bisa mempertimbangkan untuk membuat konten story dalam beberapa slide saja sehingga dapat menstabilkan jumlah watch through rate.

Completion Rate per Story

Untuk menghitung jumlah pengguna instagram yang melihat konten story tanpa jeda sama sekali, maka anda bisa menggunakan metrik completion rate per story dimana anda bisa menghitung jumlah impresi dikurangi jumlah penonton yang berkurang di slide lainnya. Informasi yang diberikan dari completion rate juga akan membantu anda untuk mengetahui antusiasme pengguna instagram pada konten story yang anda unggah.

Instagram Reels Engagement

Pada instagram metrics reels anda bisa menghitung jumlah interaksi yang masuk, jangkauan konten, postingan yang disimpan, serta durasi menonton konten reels. Informasi tersebut tentunya akan membantu anda untuk mengetahui kinerja konten instagram reels dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, anda juga bisa memilih ide konten reels yang disukai oleh pengikut instagram yang anda miliki. Sehingga anda bisa menentukan jenis konten yang bisa digunakan terus menerus dan bisa digunakan sesekali.

Waktu Aktif Pengikut Instagram

Anda bisa mengecek waktu aktif konsumen di instagram metrics apabila anda sudah mengunggah beberapa konten dalam jangka waktu tertentu. Akan tetapi apabila anda baru saja membuat akun instagram brand maka anda bisa menggunakan beberapa pembagian waktu.

Contohnya adalah pagi hari jam 9, siang hari jam 12.00, serta malam hari pukul 19.00 dimana anda bisa mengunggah konten yang beragam di satu waktu atau mengunggah satu konten di waktu yang ditentukan.

Pertumbuhan Akun Instagram

Pada fitur growth ini anda dapat melihat peningkatan jumlah pengikut instagram selama durasi waktu tertentu, baik selama sebulan, tiga bulan, enam bulan, dan bahkan setahun.

Selain itu anda juga bisa melihat jumlah pengguna instagram yang berhenti mengikuti akun instagram anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat jenis konten instagram yang akhirnya membuat pengguna instagram akhirnya memutuskan untuk berhenti mengikuti akun brand anda.

Kunjungan ke Profil Instagram

Dengan instagram metrics, anda bisa menghitung berupa jumlah kunjungan ke profil instagram dan juga anda dapat mengetahui asal pengikut baru yang datang ke akun instagram anda.

Demikian informasi mengenai mengenali instagram metrics untuk membantu anda meningkatkan performa akun instagram dengan efektif. Dengan berbagai informasi tersebut akan membantu anda untuk mengetahui jenis promosi akun instagram yang tepat berdasarkan data yang valid dan bukan hanya sekedar perkiraan.