4+ Cara Menggunakan WhatsApp Business Untuk Toko Online

infosultra.id – Bagi anda yang memiliki toko online, begini cara menggunakan whatsapp business untuk toko online agar mempermudah mengembangkan bisnis anda.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat kini siapapun bisa mulai berbisnis. Dimana kendala umum para pebisnis pemula yakni masalah modal yang terbatas untuk kontrak ruko atau menyewa stand bukan lagi sebuah hal yang harus dipikirkan, sebab bagi anda yang memiliki modal terbatas bisa langsung berbisnis dengan membuka toko online.

Untuk membuka toko online anda tidak perlu modal besar, sebab anda bisa menyesuaikan sesuai dengan modal anda. Bahkan anda bisa memulai dari whatsapp saja untuk memulai bisnis. Apabila modal anda lebih besar, anda bisa membuat website toko online, pemasaran iklan di berbagai platform sosial media dan marketplace, dan lainnya. Tetapi kembali lagi, anda harus menyesuaikan pada modal dan kebutuhan bisnis anda saat ini.

Baca Juga :   Cara Menyembunyikan Status Online Whatsapp Walau Sedang Online

Bagi anda yang memiliki modal terbatas, anda bisa memulai dari whatsapp untuk memulai mengembangkan bisnis, dan meraih pelanggan berawal dari keluarga, teman, relasi bisnis, dan lainnya.

Mengapa memilih whatsapp? sebab whatsapp memiliki aplikasi whatsapp khusus diperuntukkan untuk para pebisnis yakni WhatsApp Business. Tentu penempatan kata “Business” bukan sekedar nama agar terlihat keren, sebab WhatsApp Business ini membawa berbagai fitur yang bisa membantu bisnis anda dibandingkan menggunakan akun whatsapp biasa. Maka tidak heran, banyak pebisnis yang menjadikan Whatsapp Business sebagai salah satu strategi marketing untuk lebih memajukan bisnis dan usaha.

Mau tahu cara menggunakan whatsapp business untuk toko online untuk lebih mengembangkan bisnis dan usaha anda. Simak dibawah ini beberapa fitur whatsapp business yang jangan sampai anda lewatkan.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Click to Chat

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Cara menggunakan whatsApp business yang pertama adalah memanfaatkan fitur click to chat. Dengan menerapkan cara ini, customer bisa dengan mudah menghubungi toko anda tanpa perlu mengetikkan nomor anda terlebih dahulu. Cukup dengan satu klik saja, anda bisa langsung mengarahkan customer pada akun Whatsapp Business anda.

Anda bisa membagikan fitur click to chat ini pada berbagai macam platform seperti Facebook, landing page website, Instagram, dan lainnya.

Baca Juga :   Gold Whatsapp Apk v16.00 Terbaru 2022 Full Fitur Gratis

Simpan Kontak Masuk

Setiap kali muncul customer baru yang mengirimkan pesan, ada baiknya anda tidak lupa untuk langsung menyimpan nomor kontak tersebut. Hal ini akan lebih memudahkan anda untuk kembali menghubungi customer untuk menginformasikan produk baru atau bahkan promosi.

Saat menyimpan kontak customer sebaiknya menyimpan pada Google Contact dan bukan media internal smartphone atau kartu SIM. Sebab penyimpanan pada Google Contact akan jauh lebih aman dan membuat anda tidak perlu khawatir kehilangan kontak customer yang merupakan database penting untuk bisnis anda walaupun HP anda hilang atau rusak.

Automated Messages

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Pada WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur Automated Messages. Tahukah anda apa itu Automated Messages? Hal ini banyak ditanyakan pengguna business dan bagaimana memanfaatkan fitur ini secara optimal.

Fitur ini memungkinkan akun WhatsApp anda secara otomatis mengirimkan pesan balasan kepada para customer yang baru pertama kali mengirimkan pesan. Hal ini tentu membuat para customer merasa dihargai karena mendapatkan respon atau sambutan yang begitu ramah dan cepat. Jadi walaupun anda sedang tidak membuka WhatsApp, tetapi anda bisa merasa lebih tenang dan tidak khawatir akan adanya pesan customer yang tidak terbalaskan. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis anda, sebab akan menjaga kedekatan anda dengan costumer.

Kelompokkan Pesan dalam Label

Fitur selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah fitur label. Fitur ini memungkinkan anda untuk mengelompokkan pesan yang masuk. Anda bisa membuat sebuah kategori tertentu yang akan memudahkan anda untuk menghubungi setiap customer, selain itu dengan melakukan pengelompokan pesan membuat anda juga bisa bekerja dengan lebih efisien.

Anda tidak perlu lagi kebingungan mencari tahu mana nomor customer yang belum melunasi pembayaran, sebab ada beberapa kategori pesan yang bisa anda gunakan seperti customer baru, customer yang belum melakukan pembayaran, customer yang sudah melakukan pembayaran, customer yang menunggu pengiriman barang, dan label lainnya sesuai dengan yang anda inginkan agar anda bisa bekerja lebih efisien mengelola costumer dan mengembangkan bisnis anda.

Optimalkan Profil Bisnis

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Cara menggunakan whatsApp business yang terakhir adalah dengan mengoptimalkan profil bisnis anda. Perlu anda ketahui bahwa WhatsApp Business memungkinkan anda untuk memberikan informasi detail mengenai usaha dalam profil bisnis.

Anda bisa memanfaatkan fitur satu ini sebaik mungkin untuk memberikan kemudahan serta informasi yang lengkap kepada para customer anda. Adapun beberapa informasi yang bisa anda cantumkan pada profil bisnis anda diantaranya seperti foto profil, deskripsi bisnis, kategori bisnis, alamat email, website, alamat lengkap toko, hingga jam operasional toko.

Demikian informasi mengenai cara menggunakan whatsapp business untuk toko online yang bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis anda, sebab segala kemudahan yang ditawarkan whatsapp business bisa sangat membantu anda mengelola bisnis dengan lebih efisien.