Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Saat Dihidupkan

Cara mengatasi laptop layar hitam ini mungkin akan membantumu suatu saat nanti jika terjadi pada laptopmu. Layar hitam blank pada laptop bisa di sebabkan banyak hal.

Kamu bisa mendapatkan solusi untuk mengatasi jika masalah ini terjadi.Setidaknya ada 7 cara untuk mengatasi masalah seperti ini.

7 Cara mengatasi laptop layar hitam

Umumnya permasalahan ini terjadi ketika kita baru menghidupkan laptop. Layar blank hitam namun kondisi mesin masih nyala bisa disebabkan beberapa hal.

Dengan solusi dibawah ini kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah untuk mendapatkan jalan keluar yang tepat.

Apa saja cara mengatasi laptop layar hitam agar bisa kembali normal lagi, simak ulasan berikut.

Mencopot ram pada laptop

Mencopot ram pada laptop

Hal ini bisa dilakukan untuk mencopot ram pada laptop yang kamu miliki. Apabila laptopmu bisa dilepas untuk baterainya pastikan terlebih dahulu untuk dicopot. Namun jika soldier pada baterai dan tidak bisa dicopot langsung saja kamu bisa melepaskan ram.

Untuk mencopot ram pastikan dalam kondisi keadaan mati. Kamu bisa mencoba denga membersihkan pada almunium ram dan meniup pada bagian socket ram di laptop.

Permasalahan layar hitam pada laptop biasanya disebabkan beberapa hal yakni ram tersebut mengalami kendor dan yang kedua ram tersebut memang sudah rusak.

Jika ingin pasti bisa menggunakan ram laptop temanmu untuk percobaan jika terjadi permasalahan ini.

Mengganti layar laptop

Kamu bisa mengganti layar laptopmu jika terjadi masalah layar blank namun perlu di ingat harus mengetahui kondisi kapan harus diganti atau ada permasalahan lain.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Diamond ML Gratis 2022 Tanpa Top Up

Jika layar laptop mengalami blank total bisa jadi itu lcd pada laptopmu memang sudah rusak. Apabila masih terdapat kedip pada laptop sebaiknya mencoba pemecahan cara lainnya seperti membuka ram.

Umumnya kondisi layar laptop rusak terjadi pada laptop yang memiliki masa pakai di usia 7 tahun ke atas. Kondisi ini disebabkan konektor pada lcd semakin melemah.

Kondisi ini disebabkan seringnya pemakaian laptop setiap harinya dengan jam yang tinggi.

Namun perlu diingat berbeda dengan laptop yang jarang digunakan. Meskipun lebih dari 7 tahun namun kondisi masih normal.

Solusi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek kondisi yang paling mudah adalah lewat layar eksternal seperti kabel HDMI dan VGA dan hubungkan ke laptop.

Jika berhasil tersambung dan menampilkan layar di eksternal lcd berati memang permasalahan tersebut terjadi pada layar laptop. Namun jika tetap sama kamu juga harus memeriksa komponen lainnya seperti harddisk.

Menginstall ulang laptop

Apabila layar blank laptop terjadi namun masih bisa masuk ke settingan BIOS. Lakukan install ulang pada laptop milikmu.

Hal ini disebabkan terjadi crash pada program Windows yang kamu gunakan. Dengan menginstall ulang akan memperbaiki laptop secara menyeluruh.

Cara ini hanya bisa digunakan jika bisa masuk ke BIOS. Namun jika kamu tidak bisa masuk ke BIOS saat pertama kali menyelakan bisa jadi itu karena kerusakan pada layar lcd.

Cara mengatasi laptop layar hitam dengan ganti harddisk

Cara mengatasi laptop layar hitam dengan ganti harddisk

Harddisk error juga bisa menyebabkan laptop terjadi blank. Namun jangan khawatir cara mengatasi laptop layar hitam ini sangat mudah dilakukan dengan mengganti komponen harddisk.

Biasanya harddisk mengalami crash atau bad sector yang tidak bisa dibetulkan lagi. Hal ini jalan keluarnya adalah hanya dengan mengganti harddisk yang baru.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak

Jika sebelumnya laptopmu yang error menggunakan jenis HDD, lakukan dengan upgrade ke komponen SSD. Sebab SSD ini akan lebih awet dan tentunya mempercepat kinerja Windows laptop jika sudah nyala.

Untuk membeli harddisk pastikan membeli yang original. Kamu bisa mendapatkannya melalui online store yang memiliki verifikasi badget original. Dan hindari untuk membeli SSD bekas pakai untuk meminimalisir kejadian yang sama.

Mengatur resolusi layar

Apabila terjadi blank layar hitam pada laptop, kamu bisa melakukan hal ini dengan masuk ke safe mode pada sistem operasi Windows. Biasanya safe mode pada laptop bisa menekan F8 ketika pertama kali laptop menyala pada mesin.

Bisa jadi resolusi yang digunakan menggunakan settingan yang terlalu besar sehingga layar lcd tidak support dan terjadi masalah pada laptop.

Kamu bisa masuk ke settingan layar display pada layar laptop untuk memperbaiki dan pastikan sudah sesuai layar resolusi laptopmu.

Mengecek kabel fleksibel lcd

Bisa jadi hal seperti ini ada pada laptop yang kamu gunakan. Di mana disebabkan oleh kabel fleksibel yang putus, kendor atau memang mengalami kerusakan.

Hal ini perlu pengetahuan lebih dan membuka laptop. Kamu bisa meminta bantuan tukang service jika dirasa memang tidak bisa membuka kabel fleksibel pada laptop.

Biasanya hal semacam ini terjadi akibat laptop terjatuh dan setelah dinyalakan muncul layar hitam. Dan jika memang rusak segeralah ganti dengan kabel terbaru agar bisa dinyalakan.

VGA laptop rusak

Jika ini terjadi pada laptop yang memiliki bawaan vga seperti NVIDIA atau AMD pada laptop yang kamu gunakan. Bisa di sebabkan memang vga tersebut mengalami masalah.

Komponen VGA juga berkaitan erat dengan penampilan layar, jika terjadi kerusakan juga akan mempengaruhi keseluruhan pada laptop.

Baca Juga :   Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di HP dan PC

Permasalahan ini tentunya sedikit rumit mengingat komponen vga menyatu pada mesin dan tentunya budget yang harus dikeluarkan juga mahal.