Cara Membuat Feed Instagram Bisnis Yang Menarik

infosultra.id – Seperti yang kita ketahui bersama, feed Instagram adalah sebuah fitur penting di Instagram yang bisa anda maksimalkan untuk bisnis anda. Bagaimana cara membuat feed Instagram bisnis yang menarik? Anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Bagi anda pengguna setia sosial media berlogo kamera ini pastinya sudah mengetahui manfaat fitur feed yang digunakan untuk membagikan unggahan konten untuk follower. Bisa dikatakan fitur feed ini sebagai fitur utama di Instagram dimana feed Instagram mengacu pada halaman profil utama akun Instagram yang berisi foto profil, bio, tautan, sorotan cerita, serta foto dan video yang anda bagikan.

Jadi dengan kata lain, Feed Instagram tidak hanya tentang isi postingan saja tetapi juga menyangkut keseluruhan tampilan profil akun anda.

Untuk penggunaan personal atau pribadi, mungkin feed yang terlihat sederhana dan normal seperti pengaturan default Instagram pastinya bukan masalah besar, tetapi bagi anda yang memiliki bisnis di Instagram, maka membuat feed instagram tampak menarik dan estetis adalah sebuah keharusan agar bisnis anda mudah dikenali, dan cepat berkembang.

Pastinya anda sudah tidak asing melihat beragam model bisnis yang menjadikan Instagram sebagai media sosial resmi untuk perusaan maupun untuk melakukan promosi serta penjualan produk dan jasa. Dan apabila anda cermati lebih dalam, anda bisa menemukan setiap bisnis yang besar dan memiliki basis follower yang banyak pastinya memiliki feed yang menarik, unik, dan brandable sebagai identitas bisnis mereka sehingga tampak profersional.

Baca Juga :   Cara Download Lagu di Instagram Mudah Tanpa Perlu Instal Aplikasi

Sebelum kita membahas cara memaksimalkan feed Instagram agar tampak lebih menarik, ada baiknya anda mengenal feed instagram terlebih dahulu agar anda bisa memahami bagian mana yang perlu anda tingkatkan.

Elemen Dalam Instagram Feed

Cara Membuat Feed Instagram Bisnis

Berikut ini elemen-elemen Feed Instagram yang harus anda ketahui dalam upaya membuat instagram feed menjadi lebih menarik untuk bisnis anda.

Foto profil

Yang pertama adalah bagian foto profil yang merupakan identitas pertama yang akan dikenali oleh pengguna Instagram lain. Umumnya pada akun personal menggunakan foto selfie biasa, dan pada akun bisnis biasanya menggunakan logo utama dari bisnis itu sendiri sebagai identitas merek.

Bio

Bio Instagram merupakan kolom di bagian profil yang berada di bawah nama pengguna yang bisa anda gunakan untuk menulis deskripsi singkat tentang bisnis. Anda juga bisa menambahkan operasional toko, alamat email, maupun slogan bisnis.

Tautan

Anda bisa menambahkan kolom khusus URL pada bagian bawah bio dimana umumnya, akun bisnis menggunakan penyederhana URL atau penggabung URL seperti Linktree dengan tujuan bisa memasukan banyak tautan dalam satu URL utama.

Sorotan cerita atau Highlights

Sorotan cerita atau highlights IG berisi kumpulan Instagram Stories favorit yang ingin anda munculkan di laman profil. Dengan demikian, pengikut anda tetap dapat melihatnya meskipun telah melewati 24 jam. Umumnya pada akun bisnis, biasanya berisi promosi, cara kerja, cara transfer, testimonial dan lainnya sebainya.

Cara Membuat Feed Instagram Bisnis

Bagi anda yang memiliki bisnis di Instagram dan bingung bagaimana cara membuat feed Instagram bisnis? maka berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

Menambahkan Bio Bisnis

Tips pertama untuk membuat feed Instagram anda menarik untuk bisnis adalah dengan menambahkan bio bisnis. Anda bisa mengisi bio IG dengan maksimal 150 karakter untuk memberikan informasi penting dan ajakan untuk pelanggan.

Contohnya seperti jam operasional bisnis, nomor telpon, hastag, maupun promo. Anda bisa menuliskan secara singkat tentang bisnis anda.

Menggunakan Linktree

Layanan Linktree merupakan layanan yang memungkinkan pengguna menggabungkan banyak url berbeda dalam satu url saja. Jadi, ketika ada pelanggan yang mengklik tautan Linktree, maka pelanggan akan diarahkan menuju laman baru yang berisi kumpulan tautan lainnya.

Untuk dapat menggunakan linktree, anda cukup membuka halaman situs linktree lalu melakukan pendaftaran dengan mengikuti intruksi yang ada. Lalu anda bisa menambahkan link url bisnis anda dalam satu link Linktree.

Contohnya dimana anda bisa menambahkan url produk bisnis anda di shopee, tokopedia, situs atau website, kontak whatsapp dan lainnya. Dengan demikian, pelanggan akan mudah menemukan informasi bisnis anda dalam satu link.

Menentukan Jenis Grid

Seperti yang kita ketahui bersama dimana feed memiliki tampilan grid 3×3. Artinya, anda bisa memaksimalkannya dengan menentukan jenis grid yang nantinya akan anda patenkan sebagai konsep postingan anda.

Berikut beberapa jenis grid yang bisa anda gunakan dibawah ini.

  1. Puzzle: Jenis grid ini paling populer di Instagram dimana jenis ini membentuk teka teki antar setiap unggahan yang akan saling terhubung satu sama lainnya seolah feed Instagram anda membentuk satu gambar besar.
  2. Tone warna atau filter: Jenis feed ini paling banyak digunakan oleh coffee shop. Sebab, jenis grid ini dapat menonjolkan ambience yang khas dari suatu tempat sehingga feed seperti ini akan lebih maksimal digunakan untuk postingan yang menekankan pada vibes sebuah tempat.
  3. Tata letak: Jenis grid ini memiliki tujuan utama untuk menata postingan dalam tata letak yang konsisten. Contohnya, menggunakan tata letak baris, maka setiap baris akan memiliki satu warna atau filter yang sama dan dapat dibuat selang-seling. Tata letak lain adalah kotak-kotak atau seperti membentuk pola papan catur. Adapun jenis grid ini bisa dibuat dengan membagikan postingan foto atau video dan konten grafis secara silih berganti.

Menggunakan Rasio Feed yang Sesuai

Perlu anda ketahui bahwa feed instagram memiliki rasio agar tampilan konten tidak menjadi blur atau pecah karena rasio terlalu besar atau terlalu kecil. Berikut standar rasio yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Foto 1:1 resolusi 1080 x 1080 px.
  • Foto 1.91:1 resolusi 1080 x 608 px (landscape).
  • Foto 4:5 resolusi 1080 x 1350 px (potrait).
  • Video 1:1 resolusi 1080 x 1080 px.
  • Video 1.91:1 resolusi 1080 x 608 px (landscape).
  • Video 4:5 resolusi 1080 x 1350 px (potrait).
  • IG Story dan IG Live 9:16 resolusi 1080 x 1920 px.
  • IG Story & IG Live 4:5 resolusi 1080 x 608 px.
  • IGTV 9:16 resolusi 1080 x 1920 px.
  • IGTV 16:9 resolusi 1920 x 1080 ox.
  • Instagram Reels 9:16 resolusi 1080 x 1920 px.

Membuat Perencanaan Konten

Dan tips terakhir membuat Feed Instagram yang menarik adalah dengan membuat perencanaan atau strategi konten bisnis anda yang meliputi perumusan tema dan konsep postingan, jadwal unggahan, dan analisa insight dan termasuk dalamnya membuat caption dan copywriting yang baik.

Selain itu, anda juga perlu memilih dan menggunakan hashtag yang relevan agar jangkauan postingan anda semakin luas dan juga efektif

Demikian informasi mengenai cara membuat feed Instagram bisnis yang menarik untuk membantu mengembangkan bisnis anda. Semoga berguna dan bermanfaat.