Begini Tarif Endorse Instagram dan Tiktok untuk Promosi Bisnis

infosultra.id – Anda ingin promosi bisnis menggunakan jasa endorse yang populer saat ini? Begini tarif endorse Instagram dan Tiktok untuk mempromosikan bisnis atau produk anda.

Seperti yang kita ketahui bersama, jasa endorse merupakan salah satu media promosi marketing digital yang dianggap efektif saat ini dimana banyak bisnis yang menjadikan endorse sebagai strategi bisnis wajib untuk dilakukan mengingat pasar online yang berkembang pesat saat ini dan memberikan kemudahan untuk bisnis menjangkau orang lebih banyak untuk mempopulerkan bisnis, atau memasarkan produk atau jasa.

Sejatinya, endorserment bukanlah hal yang baru dalam dunia promosi bisnis dimana jenis promosi ini telah ada sejak lama dan telah dilakukan perusahaan atau bisnis raksasa dunia. Sebut saja Nike yang mengendorse Michael Jordan dan merupakan atlet endorse dengan bayaran termahal. Dan terbukti, investasi yang dilakukan Nike terhadap tokok legenda basket dunia ini membuat nama Nike melambung secara global. Selain Jordan, masih banyak tokoh dunia lainya yang di endorse seperti Cristiano Ronaldo, Rafael Nadal dan lain sebagainya.

Dan saat ini, dengan berkembang pesat penggunaan sosial media seperti Instagram, jasa endorsement untuk bisnis pun laris manis sebagai wadah marketing bisnis mengingat besarnya pengguna sosial media yang bisa menjadi target potensial untuk mengembangkan bisnis.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan Endorsement? Dalam bahasa sederhana, endorsement adalah seseorang atau figur populer yang memiliki banyak pengikut dalam sosial media seperti Youtube, Facebook, Instagram dan lainnya yang mengklaim dirinya bisa melakukan pemasaran dan promosi bisnis klien dimana nantinya para penyedia jasa endorsement akan akan mengiklankan suatu produk melalui akun sosial media mereka.

Baca Juga :   Cara Mengubah Font di Bio Instagram Biar Makin Keren dan Unik

Namun bagi anda para pemilik bisnis yang mencari jasa endorsement, maka sebaiknya memilih dengan cermat jasa promosi yang anda akan pilih. Sebab ada beberapa jasa endorsement yang menggunakan fake follower atau pengikut palsu di akun sosial media mereka agar tampak memiliki banyak pengikut dan bisa menerapkan tarif mahal. Maka dari itu, penting untuk mencermati interaksi akun seperti data insight, jumlah like postingan, komentar, dibagikan, cara promosi dan beberapa aspek lainnya.

Tarif Endorse Instagram

Jenis-Jenis Endorsement

Sekedar informasi, endorsement sendiri memiliki beberapa jenis yang tergantung kebutuhan dan peruntukannya. Berikut jenis-jenis endorsement yang bisa anda simak sebagai berikut.

Jenis Endorsement Berdasarkan Bentuk Pengesahannya

Dari bentuk pengesahannya bentuk endorsement dibagi menjadi beberapa kategori mulai dari signature endorsement, insurance endorsement hingga license endorsement.

Jenis Endorsement Berdasarkan Tokoh

Jenis endorsement yang selanjutnya adalah dilihat berdasarkan tokoh yang dibagi menjadi beberapa kategori yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Expert yakni seorang tokoh populer yang paham dengan bidang dari produk tersebut.
  • Prominence yakni menggunakan tokoh masyarakat yang terkenal atau terpercaya.
  • Celebrity atau artis dimana promosi bisnis dilakukan dengan bekerjasama publik figur yang populer di masyarakat
  • Testimonial. Proses promosi atau iklan dengan memberikan sebuah testimoni secara langsung dari produk tersebut.
  • Terrestrial. Proses promosi yang dilakukan adalah menggunakan jasa orang biasa tanpa adanya unsur komersial.
  • Clientele. Proses iklan atau promosi suatu produk akan dilakukan oleh para tokoh ahli dalam bidangnya.
  • Leader. Proses promosi menggunakan bantuan para tokoh pimpinan dalam bidang tertentu.
  • Accesivit. Jenis endorsement ini menggunakan tokoh yang dianggap memiliki keunikan tersendiri dalam bidang tertentu.

Jenis Endorsement Berdasarkan Bentuk Kerjasama

Jenis endorsement juga bisa dilihat berdasarkan bentuk kerjasama yang dilakukan dimana terdapat dua kategori endorsement berdasarkan bentuk kerjasama seperti paid promote dan sponsorship.

Jenis Endorsement Berdasarkan Waktu

Selanjutnya adalah jenis endorsement berdasarkan waktu dimana pada umumnya para publik figur akan mempertahankan selama satu bulan penuh yang mana proses promosi selama masa kontrak tergantung dari perjanjian atau kesepakatan yang telah dilakukan.

Jenis Endorsement Berdasarkan Fitur

Dan yang terakhir adalah jenis endorsement yang dilihat berdasarkan fitur yang diberikan yang temukan pada platform tertentu seperti sosial media seperti foto, video, instastory, feed dan lainnnya.

Tarif Endorsement Instagram dan Tiktok

Sebagai dua sosial media terbesar di tanah air, tidak heran apabila jasa endorsement di Instagram dan Tiktok banyak diminati para pelaku bisnis dan usaha.

Bagi anda yang ingin membuka jasa endorsement, atau bagi anda pemilik bisnis atau usaha yang ingin menggunakan jasa endorsement, maka berikut daftar tarif endorsement Instagram sekaligus Tiktok yang bisa anda simaka sebagai berikut.

Perlu anda ketahui, tarif endorsement Instagram bisa dilihat berdasarkan kategori tertentu. Begini pembagiannya.

  1. Micro I dengan jumlah pengikut 1000 hingga 24.999
  2. Micro II dengan jumlah pengikut 25.000 hingga 49.999
  3. Micro III dengan jumlah pengikut 50.000 hingga 99.999
  4. Macro I dengan jumlah pengikut 100.000 hingga 249.999
  5. Macro II dengan jumlah pengikut 250.000 hingga 499.999
  6. Premium I dengan jumlah pengikut 500.000 hingga 749.999
  7. Premium II dengan jumlah pengikut 750.000 hingga 999.999
  8. Celebrity dengan jumlah pengikut lebih dari 1 juta

Foto Instagram

  • Micro I berkisar mulai dari Rp1.321.454.
  • Micro II berkisar mulai dari Rp1.850.630
  • Micro III berkisar mulai dari  Rp2.557.654
  • Macro I berkisar mulai dari Rp4.552.451
  • Macro II berkisar mulai dari Rp7.220.000
  • Premium I berkisar mulai dari Rp9.500.000
  • Premium II berkisar mulai dari Rp9.900.000
  • Selebriti kurang lebih berkisar mulai dari Rp16.702.703

Insta Story

  • Micro I berkisar mulai dari Rp. 2.760.560
  • Micro II berkisar mulai dari Rp. 4.188.690
  • Micro III berkisar mulai dari dari Rp. 5.472.059
  • Macro I berkisar mulai dari Rp. 7.749.419
  • Macro II kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 12.331.132
  • Premium I kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 13.107.142
  • Premium II kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 18.970.558
  • Selebriti kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 27.718.750

Video Instagram dan Tiktok

  • Micro I kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 2.760.560
  • Micro II kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 4.188.690
  • Micro III kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 5.472.059
  • Macro I kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 7.749.419
  • Macro II kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 12.331.132
  • Premium I kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 13.107.142
  • Premium II kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 18.970.558
  • Selebriti kurang lebih berkisar mulai dari Rp. 27.718.750

Sebagai catatan harga tarif diatas bukanlah tarif wajib untuk semua endorsement, sebab banyak endorsement juga yang memiliki tarif lebih mahal atau murah dari daftar tarif diatas.

Demikian informasi mengenai tarif endorse Instagram dan Tiktok yang semoga berguna dan bermanfaat baik bagi anda yang ingin membuka jasa endorsement dimana dengan tarif diatas, anda bisa memiliki acuan dan patokan menentukan tarif endorse anda. Sedangkan bagi anda pemilik bisnis, dan mencari jasa endorsement, maka semoga artikel diatas bisa menjadi masukan untuk anda dalam mengetahui berapa besar anggaran promosi menggunakan endorsement.