infosultra.id – Instagram ads merupakan platform pengiklanan yang populer digunakan para pebisnis di Instagram. Untuk dapat membuat ads menjadi lebih efektif dan sesuai dengan target maka diperlukan sejumlah strategi. Untuk itu, kami membagikan cara membuat instagram ads lebih efektif yang perlu anda ketahui.
Sebagai salah satu media sosial media terbesar didunia dengan jutaan pengguna aktif, maka tidak bisa dipungkiri lagi dimana instagram merupakan “lahan” bisnis yang sangat potensial bagi sebuah bisnis atau usaha dimana instagram sendiri mendukung para pebisnis dengan fitur akun bisnis dengan fitur “istimewa” dibandingkan akun instagram personal dengan tujuan memberikan kemudahan pada pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnis dan melakukan penjualan baik produk maupun jasa.
Selain instagram bisnis, anda sebagai pebisnis yang memiliki produk atau jasa juga bisa menggunakan fitur periklanan instgram yang populer disebut sebagai instagram ads dimana anda bisa mulai mengiklankan produk atau jasa anda untuk menjangkau pengguna Instagram yang tertarik dengan bisnis anda dan berpotensi membeli produk atau jasa anda. Tidak hanya dalam urusan penjualan, instagram ads juga terbukti dapat meningkatkan brand awareness sehingga merek bisnis menjadi populer yang nantinya akan membuat konversi.
Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan menggunakan instagram ads.
Kelebihan dan Manfaat Instagram Ads
- Meningkatkan Brand Awareness. Yang artinya sebagai kemampuan konsumen atau audiens untuk mengenali serta mengingat suatu brand dengan melihat identitas brand tersebut. Baik itu berupa logo, gambar, warna, atau citra lainnya. Dengan brand yang sudah melekat di ingatan konsumen, anda pun bisa lebih mudah memasarkan produk usaha.
- Hemat Budget. Untuk menjalankan iklan di instagram bisa anda mulai dengan biaya yang murah sehingga menjadi strategi pemasaran yang cukup menjanjikan bagi pengusaha kecil menengah sekalipun.
- Memaksimalkan Jangkauan dimana Instagram Ads memungkinkan konten anda menjangkau target audiens yang lebih besar, dimana sebanyak lebih dari 90% pengguna platform sosmed ini berpotensi terpapar konten bersponsor. Inilah alasan mengapa layanan iklan instagram ads memberikan peluang pasar potensial untuk mempromosikan produk.
- Tingkatkan Penjualan dengan Insight Baru dimana instagram memiliki fitur laporan untuk para pengiklan untuk melihat hasil kinerja iklan atau ads yang dilakukan. Dengan demikian, anda bisa mengetahui area mana yang perlu anda tingkatkan untuk hasil iklan yang lebih maksimal.
Cara Membuat Instagram Ads Lebih Efektif
Instagram ads sendiri pastinya sudah tidak asing bagi anda yang memiliki bisnis atau mungkin saat ini anda baru mau mengenal instagram ads untuk tujuan bisnis anda. Tetapi masih banyak pengguna instagram ads yang belum mengetahui bagaimana memaksimalkan instagram ads untuk iklan bisnis yang efektif, dan masalah ini banyak dialami banyak pebisnis yang merasa bisnis tetap stagnan alias tidak berkembang walaupun sudah menggunakan periklanan seperti instagram ads.
Bagi anda yang mengalami kendala dan masalah yang sama, maka anda perlu menyimak artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara membuat instagram ads lebih efektif untuk membuat brand awareness yang tinggi serta konversi penjualan yang maksimal. Penasaran? Simak beberapa tipsnya sebagai berikut.
Maksimalkan Fitur Stories
Seperti yang kita ketahui bersama, stories atau cerita instagrama adalah fitur yang menampilkan konten dalam 24 jam saja. Walapun durasi penayangannya singkat, namun ini menjadi kekuatan tersendiri untuk kampanye iklan yang banyak digunakan para pebisnis untuk menampilkan iklannya.
Perhatikan Kualitas Visual
Instagram adalah media sosial yang fokus akan visual berupa foto dan video maka dari itu, anda wajib membuat iklan dengan visualisasi yang indah dan menarik untuk membuat audiens terkesan.
Membuat Iklan Natural
Tips selanjutnya adalah mengetahui bagaimana selera target audiens dan membuat iklan yang natural dan relevan. Dengan begitu, anda bisa membuat konten berdasarkan ketertarikan mereka sehingga iklan terlihat lebih smooth, natural, dan mudah disukai.
Perhatikan Ukuran Gambar
Hal ini sering terlewatkan bagi para pengiklan pemula dimana anda harus ukuran yang sesuai untuk instagram ads dengan tujuan pesan anda tersampaikan dengan jelas serta audiens dapat menikmatinya dengan baik. Simak rekomendasi ukuran gambar untuk beriklan di instagram ads.
Single Image
- Ukuran : 1200×628 pixels
- Stories : 1080×1920 pixels
- Rasio : 9:16 to 16:9
Carousel
- Ukuran : 1080×1080 pixels (maksimal 30MB)
- Rasio : 1:1
Single Video
- Ukuran : Minimal 600 pixels (maksimal 4GB)
- Rasio : 9:16 to 16:9
- Durasi : 1-60 detik
- Format : .mov, .mp4, atau .gif
Slideshow
- Ukuran : 1280×720
- Rasio : 16:9, 1:1, 2:3
- Format : .mov atau .mp4
Biaya Iklan Instagram Ads
Apabila anda bertanya berapa biaya iklan instagram ads maka anda tidak perlu kuatir sebab anda bisa menyesuaikan dengan budget iklan anda yang sangat terjangkau dimana anda bisa memulai iklan di Instagram ads hanya mulai dari 25.000 per hari. Anda bisa mengalokasikan dana untuk periode penayangan iklan tertentu. Contohnya anda menganggarkan Rp 250.000 untuk durasi waktu sepuluh hari dengan budget iklan Rp25.000 perhari.
Sebagai catatan, semakin besar budget yang anda anggarkan untuk iklan maka semakin luas juga jangkauan audiens yang akan dihasilkan.
Demikian informasi mengenai cara membuat instagram ads lebih efektif, semoga berguna dan bermanfaat.